Kamis, 13 Juni 2024

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

Tautan/link download Modul Ajar ada di bawah

Pada Kurikulum Merdeka sudah tidak ada KI/KD, Silabus, KKM dan RPP. Namun diganti istilahnya dengan Capaian Pembelajaran (CP) pengganti KI/KD pada kurikulum 2013, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pengganti Silabus, dan Modul Ajar pengganti RPP dan Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pengganti KKM. Sedangkan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem/Promes) masih tetap ada.

Capaian Pembelajaran (CP) ditetapkan oleh Badan Standar kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP). Jadi dari CP kemudian ditentukan Tujuan Pembelajaran (TP) dahulu, kemudian dijabarkan menjadi ATP yang sudah berisi Tujuan Pembelajaran (TP), Lingkup Materi/Konten dan Metode Pembelajaran dan Alokasi Waktu. Selanjutnya dari ATP itu disusunlah Modul Ajar.

Modul Ajar minimal ada 3 komponen : 

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen/Penilaian

Sedangkan secara lengkap Modul Ajar terdiri dari 3 komponen utama dan 17 sub komponen.

I. INFORMASI UMUM 

A. IDENTITAS yang isinya meliputi:
• Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya Modul ajar/RPP.
• Jenjang sekolah/satuan pendidikan (SD/SMP/SMA)
• Fase/Kelas
• Alokasi waktu 

B. KOMPETENSI AWAL yang isinya adalah:
Pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal adalah merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar/RPP dirancang.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA 
Profil Pancasila merupakan tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.

D. SARANA DAN PRASARANA
Adalah merupakan fasilitas atau bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sedangkan prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

E. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik yang menjadi target yaitu;
• Peserta didik reguler/tipikal: umum
• Peserta didik dengan kesulitan belajar

F. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

II. KOMPONEN INTI

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang
digunakan.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan  diperoleh 
peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari

C. PERTANYAAN PEMANTIK
Pertanyaan pemantik dibuat oleh pendidik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. 

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

E. ASESMEN
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang ditetapkan.
Jenis asesmen:
• Asesmen Awal (diagnostik)
• Asesmen pada waktu pembelajaran (formatif)
• Asesmen pada akhir pembelajaran (sumatif).
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
• Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
• Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
• Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. 
 
III. LAMPIRAN

A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Lembar kerja peserta didik ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.

B. BAHAN BACAAN PENDIDIKDAN PESERTA DIDIK
Bahan bacaan pendidikdan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.

C. GLOSARIUM
Glosarium adalah merupakan kumpulan istilah-istilah 

D. DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka adalah
buku atau sumber rujukan/referensi 

Silahkan download fil-file Kurikulum Merdeka di bawah ini:

Perangkat Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA
Modul Ajar SD/MI

SD/MI :

3 komentar:

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...