Sabtu, 10 Agustus 2024

BUKTI DUKUNG INSTRUMEN AKREDITASI 2024 KOMPONEN I (KINERJA PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN)

Link Download Bukti Dukung/Fisik Akreditasi ada di bawa

Akreditasi merupakan upaya negara untuk memeriksa apakah penyelenggara layanan pendidikan konsisten dalam menjalankan misinya. Misi utama dari penyelenggara layanan pendidikan adalah sebagai penyedia layanan belajar bagi anak bangsa,mulai dari anak usia dini hingga individu pada usia dewasa. Layanan belajar yang mampu menumbuh kembangkan potensi mereka sehingga kelak mampu menavigasi kehidupannya dengan sebaik-baiknya. Lebih dari itu melalui budaya baik yang dikembangkan di lingkungan belajar(school culture), anak bangsa kita juga  dapat terbiasakan belajar merasakan, memahami, dan menjalani perilaku baik yang harus tumbuh subur dalam dirinya. Akreditasi berfungsi untuk memastikan terlindunginya hak anak bangsa untuk memperoleh pendidikan berkualitas. 

Instrumen akreditasi (Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 246/O/2024) disusun untuk memotret kinerja satuan pendidikan (performance-based). Kinerja yang diukur adalah ragam aspek layanan yang dipercaya dapat membangun kompetensi dan karakter peserta didiknya.

1. Penjaminan Mutu.

Akreditasi merupakan bentuk penjaminan mutu eksternal terhadap layanan satuan pendidikan dan atau program pendidikan kesetaraan . Karenanya, akreditasi merupakan wujud kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan penjaminan mutu yang berkelanjutan.

Penjaminan mutu yang berkelanjutan merupakan sarana untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan pendidikan tersebut. Untuk menjaga kepercayaan masyarakat, penyelenggara layanan pendidikan perlu membangun kolaborasi dalam menanggapi kebutuhan pelanggan (dalam hal ini anak dan individu pelajar serta orang tua/wali) secara cerdas dan tepat guna. Dalam konteks ini, akreditasi menjadi salah satu perwujudan kolaborasi kemitraan antara penyelenggara layanan pendidikan dan Badan Akreditasi Nasio nal dalam menjamin dan meningkatkan mutu layanan pendidikan. Melalui akreditasi, penyelenggara layanan pendidikan, baik negeri maupun swasta, memiliki kesempatan yang samma dalam menunjukkan kinerja terbaik dengan memanfaatkan penjaminan mutu secara berkelanjutan.

2. Kesempatan mendapatkan umpan balik

Hasil akreditasi dan saran yang diberikan menjadi salah satu acuan bagi Bapak Ibu penyelenggara layanan pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan. Sebagaimana asesmen digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya, maka proses akreditasi selaku asesmen kinerja berujung pada pemberian umpan balik yang dapat digunakan oleh penyelenggara pendidikan untuk memahami area kinerjanya yang sudah baik, dan yang masih perlu ditingkatkan. Umpan balik ini diperoleh melalui kesempatan berdialog secara otentik antara asesor dengan penyelenggara layanan pendidikan. Proses penggalian data  yang otentik akan menghasilkan potret kinerja yang jujur sehingga dapat dijadikan landasan penyusunan umpan balik yangakurat.

Komponen dalam Instrumen Akreditasi 2024 :

Komponen 1. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran

Komponen 2. Kєpemimpinan Kepala Satuan Pendidifian dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan

Komponєn 3. Iklim Lingkungan Bєlajar

Komponen 4. Kompetensi Hasil Pєmbelajaran Lulusan dan/atau Peserta Didik


Berikut Link Bukti Dukung Akreditasi :

Bukti Dukung/Fisik Komponen I Akreditasi 2024
Bukti Dukung/Fisik Komponen II Akreditasi 2024
Bukti Dukung Komponen III IA 2024
File-file yang lain silahkan download di bawah ini :
File DKA
File Pendampingan. Deskripsi dan Bukti Pendukung IA 2024
Panduan Akreditasi IA 2024
INSTRUMEN AKREDITASI 2024
Dokumen yg harus diunggah pra akreditasi 2024
Group Berbagi  file Akreditasi

Download fil-file Kurikulum Merdeka di bawah ini:

Perangkat Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA
Modul Ajar SD/MI

5 komentar:

  1. Semoga semua yang bapak bagikan akan menjadi Pahala Jariyah untukmu.

    BalasHapus
  2. PEMBUKTIAN INDIKATOR AKREDITASI Komponen 2 dan 3 jika ada Pak 🙏

    BalasHapus
  3. terimakasih informasinya sangat membantu sekolah kami yang akan akreditasi, Firmansyah

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasinya sangat membantu sekolah kami yang akan akreditasi

    BalasHapus

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...