LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH
Pada Kurikulum 2013 yang lalu Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)nya sudah terbagi pada setiap kelasnya. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran (CP) semacam KI/KD, tidak terbagi pada setiap kelas, tetapi setiap fase.
Untuk SD/MI dibagi menjadi 3 fase, yaitu kelas I dan II fase A. Kelas III dan IV fase B, Kelas V dan VI fase C. Untuk SMP/MTs hanya 1 fase yaitu fase D untuk kelas VII, VIII dan IX. Sedangkan SMA/MA/SMK kelas X adalah fase E dan kelas XI dan XII fase F.
Dengan demikian pendidik/guru diberi kebebasan untuk memilih CP mana yang akan diajarkan pada kelas dimana dia mengajar, yang penting itu dalam fase yang sama.
Adapun Modul Ajar (MA) Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
Secara sederhana atau minimal, Modul ajar berisi:
1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen Pembelajaran
Pendidik/guru boleh membuat Modul Ajar hanya terdiri dari 3 komponen di atas. Dan itupun sudah dapat diimplementasikan/diterapkan di kelas. Namun kalau hanya terdiri dari 3 komponen tersebut maka tentu saja kurang sempurna. Oleh karena itu pendidik/guru kebanyakan membuat modul ajar yang lengkap.
Modul Ajar secara lengkap berisi 3 komponen utama dan 17 sub komponen, yaitu:
A. INFORMASI UMUM memuat:
1. Identitas berisi :
a. Nama penyusun, satuan pendidikan, dan tahun
b. Jenjang sekolah
c. Kelas/fase
d. Alokasi waktu
2. Kompetensi Awal berisi :
Kompetensi awal adalah pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu.
3. Profil Pelajar Pancasila
Adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.
4. Sarana-Prasarana
Sarana atau alat yang dipakai dalam pembelajaran
5. Target Peserta didik
Peserta didik yang menjadi target apakah umum/reguler, ataukah peserta didik dengan kesulitan belajar, atau didik dengan pencapaian tinggi
6. Model pembelajaran
Model-model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran
B. KOMPONEN INTI memuat:
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman.
2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna berisi informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran.
3. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik.
4. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik..
5. Asesmen/PenilaianJenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik
b. Asesmen formatif
c. Asesmen sumatif
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
C. LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium
4. Daftar Pustaka (buku-buku referensi)
Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka:
1. Perangkat B. Inggris Kls 10 IKM
2. Perangkat B. Jawa Kls 10 IKM
3. Perangkat Informatika Kls 10 IKM
4. Perangkat Geografi Kls 10 IKM
5. Perangkat Fisika Kls 10 IKM
6. Perangkat Ekonomi Kls 10 IKM
7. Perangkat Biologi Kls 10 IKM
8. Perangkat B. Indonesia Kls 10 IKM
10. Perangkat Matematika Kls 10 IKM
13. Perangkat Sejarah Kls 10 IKM
14. Perangkat Sosiologi Kls 10 IKM
15. Perangkat Fikih Kls 10 IKM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar