Selasa, 18 Juni 2024

PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS 8 SMP/MTS KURIKULUM MERDEKA

 LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH 

Modul Ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh pendidik/guru. Modul ajar adalah sama dengan RPP pada Kurikulum 2013. 
Untuk membuat atau menyusun modul ajar terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini adalah berisi \ TP (Tujuan Pembelajaran) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Sedangkan TP adalah merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek, yaiti pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dijabarkan dari CP (Capaian
 Pembelajaran). ATP adalah semacam silabus pada Kurikulum 2013. 

Modul Ajar minimal berisi:

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen Pembelajaran

Secara lengkap Komponen Modul Ajar berisi:

A.  INFORMASI UMUM memuat:
1.
 Identitas berisi :
a. Nama penyusun, sekolah/madrasah, dan tahun.
b. Jenjang sekolah/madrasah 
c. Kelas/fase
d. Alokasi waktu 

2. Kompetensi Awal berisi :
Kompetensi awal adalah pengetahuan/keterampilan yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu. 

3. Profil Pelajar Pancasila
Adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.

4.
 Sarana-Prasarana

5. Target Peserta didik

Peserta didik yang menjadi target adalah;
a. Peserta didik reguler/umum
b. Peserta didik dengan kesulitan belajar 
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi
6. Model pembelajaran

B.     KOMPONEN INTI memuat:
1.
 Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman. 

2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna berisi informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. 

3. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. 

4. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah  pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik..


5. Asesmen/Penilaian
Jenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik
b. Asesmen formatif
c. Asesmen sumatif
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
6. Pengayaan dan Remidial
C.  LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
 LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium (kata-kata atau istilah-istilah)
4. Daftar Pustaka(sumber rujukan atau buku-buku referensi)

Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka:

PERANGKAT IKM KLS 8

1. CP ATP Modul Ajar PAI Kls 8

2. CP ATP Modul Ajar PJOK Kls 8

3. CP ATP Modul Ajar Matematika Kls 86.

4. CP ATP Modul Ajar Iformatika Kls 8

5. CP ATP Modul Ajar B. Indonesia kls 8

6. CP ATP Modul Ajar B. Inggris Kls 8

7. CP ATP Moodul Ajar IPA Kls 8

8. CP ATP Modul Ajar SKI 8 

9. CP ATP Modul Ajar IPS Kls 8

10. Perangkat Ajar Seni dan Prakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...