Sabtu, 22 Juni 2024

DOWNLOAD MODUL AJAR DAN PERANGKAT AJAR KELAS 5 SD/MI KURIKULUM MERDEKA

 LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH 

Pada Kurikulum 2013 yang lalu ada beberapa perangkat pembelajaran, diantaranya adalah KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran), Prota (Program Tahunan), Promes (program Semester), KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal), dan lain-lain. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka perangkat pembelajaran diganti namanya, yaitu CP (Capaian Pembelajaran) semacam KI/KD, TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) semacam silabus, MA (Modul Ajar) semacam RPP, KKTP (Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) semacam KKM dan lain-lain.

CP (Capaian Pembelajaran) dibuat oleh pemerintah, yaitu oleh Badan Satandar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), kemudian guru/pendidik menentukan Tujuan Pembelajaran (TP) dari CP tersebut serta Materi Pembelajran atau konten serta menentukan alokasi waktunya, itulah yang disebut Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Jadi ATP inilah sama dengan silabus.Selanjutnya dari ATP tersebut disusunlah Modul Ajar.

Secara sederhana atau minimal, Modul ajar berisi:

1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen Pembelajaran

Secara lengkap Komponen Modul Ajar berisi:

A.  INFORMASI UMUM memuat:
1.
 Identitas berisi :
a. Nama penyusun, sekolah/madrasah, dan tahun.
b. Jenjang sekolah/madrasah 
c. Kelas/fase
d. Alokasi waktu 

2. Kompetensi Awal berisi :
Kompetensi awal adalah pengetahuan/keterampilan yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu. 

3. Profil Pelajar Pancasila
Adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.

4.
 Sarana-Prasarana

5. Target Peserta didik

Peserta didik yang menjadi target adalah;
a. Peserta didik reguler/umum
b. Peserta didik dengan kesulitan belajar 
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi

6. Model pembelajaran

B.     KOMPONEN INTI memuat:
1.
 Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman. 

2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna berisi informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. 

3. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. 

4. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah  pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik..


5. Asesmen/Penilaian
Jenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik
b. Asesmen formatif
c. Asesmen sumatif
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
6. Pengayaan dan Remidial
C.  LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
 LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium (kata-kata atau istilah-istilah)
4. Daftar Pustaka(sumber rujukan atau buku-buku referensi)

Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka kelas 5 SD/MI:

Perangkat Pembelajraran B. Inggris kls 5

Perangkat Pembelajraran B. Indonesia kls 5

Perangkat Pembelajraran Pendd. Pancasila kls 5

Perangkat Pembelajraran PAI kls 5

Perangkat Pembelajraran IPAS kls 5

Perangkat Pembelajraran PJOK kls 5

Perangkat Pembelajraran Kesenian kls 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...