Sabtu, 17 Agustus 2024

BUKTI DUKUNG/FISIK AKREDITASI KOMPONEN III INSTRUMEN AKREDITASI 2024 (IKLIM LINGKUNGAN BELAJAR)

 Link Download Bukti Dukung/Fisik Akreditasi ada di bawah

Pada akreditasi tahun 2024 tidak menggunakan IASP 2020, tapi sudah menggunakan Instrumen Akreditasi 2024 yang baru, dan tampak berbeda dengan IASP 2020, walaupun sama-sama terdiri dari 4 komponen dan berbasis pada kinerja (performance).
Pada Instrumen akreditasi 2020 terdiri dari 4 komponen, yaitu:
1. Komponen Mutu Lulusan
2. Komponen Proses Pembelajaran
3. Komponen Mutu Guru
4. Komponen Managemen Sekolah/Madrasah
Dan Kurikulumnya masih menggunakan Kurikulum 2013.
Sedangkan Instrumen Akreditasi 2024 terdiri dari 4 omponen, yaitu:
1. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran
2. Kєpemimpinan Kepala Satuan Pendidifian dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan
3. Iklim Lingkungan Bєlajar
4. Kompetensi Hasil Pєmbelajaran Lulusan dan/atau Peserta Didik
Sedangkan Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka, sehingga pada instrumen akreditasi 2024 walaupun sama basicnya yaitu Kinerja dan terdiri dari 4 komponen, namun isinya sudah berbeda dengan IASP 2020.
Pada IA 2024 ini sudah ada diantaranya :
a. Pembelajaran Sosial Emosional (social and emosional learning)
b. Disiplin Positif
c. Pola Pikir Bertumbuh
d. Diferensiasi Instruksional
dan lain-lain.

Komponєn 3. Iklim Lingkungan Bєlajar

Peran satuan pendidikan adalah mendampingi peserta didik, dan salah satu cara dalam mendampingi peserta didik yang langsung dirasakan oleh mereka adalah melalui pengkondisian iklim lingkungan belajar. Dengan mengukur iklim lingkungan belajar, maka Badan Akreditasi Nasional sudah memastikan setiap peserta didik berada di dalam lingkungan yang memungkinkan mereka mendapatkan hasil optimal dari proses belajar.

Kinerja yang diukur adalah suasana lingkungan belajar yang:

a. Berkebinekaan. Lingkungan belajar yang demikian mencerminkan kinerja penyelenggara layanan dalam menjaga anak didiknya dari paparan contoh-contoh perilaku intoleransi saat berada di lingkungan belajar.

b. Inklusif. mencerminkan kinerja satdik dalam memenuhi setiap hak anak didiknya, tanpa terkecuali anak dengan kebutuhan yang memerlukan dukungan lebih.

c. Aman secara psikis. Seluruh warga satuan pendidikan merasa aman untuk berkegiatan di lingkungan belajar. Aman dari perundungan hukuman fisik, dan kekerasan seksual.

d. Menjaga keselamatan. Seluruh warga satuan pendidikan terjaga keselamatannya saat berkegiatan di lingkungan belajar

e.  Sehat. Lingkungan belajar yang menghargai, menjaga dan membangun kesehatan fisik dan mental dari warga satuan pendidikan.

Berikut Link Bukti Dukung Akreditasi :

Download fil-file Kurikulum Merdeka di bawah ini:

Perangkat Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA
Modul Ajar SD/MI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...