LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH
Kelas XI SMA/MA/SMK adalah fase F. Sehingga CP yang digunakan adalah CP fase F. Dan pada CP fase F ini bisa dipakai di kelas XI atau XII terserah guru/pendidiknya.
Oleh karena itu antara Modul Ajar yang dipakai oleh sekolah yang satu dengan sekolah yang lain CP dan Materinya bisa berbeda. Namun secara umum mengikuti contoh dari Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendiidikan (BSKAP).
Sebelum membuat Modul ajar/RPP terlebih dahulu harus disusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini adalah merupakan rangkaian TP (Tujuan Pembelajaran) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Sedangkan TP adalah merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek, yaitu pengetahuan (kognitif), ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dijabarkan dari CP (Capaian Pembelajaran). CP dibuat oleh Pemerintah dalam hal ini oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendiidikan (BSKAP).
Modul Ajar yang disusun oleh guru/pendidik minimal harus berisi:
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman
2. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik.
3. Asesmen Pembelajaran
Jenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik (dilakukan di awal pembelajaran)
b. Asesmen formatif (dilakukan pada saat pembelajaran)
c. Asesmen sumatif (dilaksanakan setelah pembelajaran)
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
Secara lengkap Komponen Modul Ajar berisi 3 komponen utama dan 17 sub komponen, yaitu meliputi:
A. INFORMASI UMUM memuat:
1. Identitas
1. Identitas
2. Kompetensi Awal
3. Profil Pelajar Pancasila
4. Sarana-Prasarana
5. Target Peserta didik
6. Model pembelajaran
B. KOMPONEN INTI memuat:
1. Tujuan Pembelajaran
2. Pemahaman Bermakna
3. Pertanyaan Pemantik
4. Kegiatan Pembelajaran
5. Asesmen/Penilaian
6. Pengayaan dan Remidial
1. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium
4. Daftar Pustaka (buku-buku referensi)
Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka:
Perangkat IKM B. INDO atau Perangkat B. Indonesia 11
Perangkat IKM B. INGGRIS atau Perangkat B. Inggris 11
Perangkat Biologi atau Perangkat Biologi 11
Perangakat IKM Fisika atau Perangkat Fisika 11
Perangakat IKM Geografi atau Perangkat Geografi 11
Perangakat IKM Informatika atau Perangkat Informatika11
Perangakat IKM Pendidikan Pancasila 11
al qur an hadits tidak ada
BalasHapusBahasa Arab juta tidak ada
BalasHapus