Sabtu, 22 Juni 2024

DOWNLOAD MODUL AJAR DAN PERANGKAT AJAR KELAS 2 SD/MI KURIKULUM MERDEKA

 LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH 

Sejak dulu sebelum Modul Ajar, namanya adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), sebelumnya namanya Satuan Pelajaran (Satpel). Pembuatan RPP ataupun Modul Ajar ini menjadi salah satu beban guru, oleh karenanya sejak pak Nadim Makarim menjadi mentri beban itu akan coba dikurangi dengan istilah RPP satu lembar pada tahun 2019. Namun dengan perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka ini justru guru semakin terbebani dengan penyusunan Modul Ajar, selain memang lebih banyak isinya, juga lebih sulit.

RPP saja tidak semua guru bisa menyusunnya, jangankan menyusun sendiri secara murni, meniru dan memodivikasi atau istilah ATM (amati, tiru dan modivikasi) saja banyak yang tidak bisa. Rata-rata guru copy-paste (copas) dari contoh RPP/Modul Ajar yang sudah ada. Bahkan ada guru yang tidak bisa IT tidak bisa membuat sendiri walau sekedar copas. Apalagi kalau membuat Modul Ajar, yang didalamnya ada kompetensi Awal, profil pelajar pancasila, pemahaman bermakna dan lain-lain, yang jauh lebih sulit dan rumit dibanding RPP dahulu.

Inilah potret guru kita di Indonesia, Kurikulum Merdeka yang dengan jargon Merdeka Belajar dan Mengajar mungkinkah akan terlaksana dengan baik?

Di bawah ini link download perangkat pembelajaran IKM kelas 2 SD/MI:

Perangkat PAI kls 2 SD/MI

Perangkat B. Inggris kls 2 SD/MI

Perangkat Pendd. Pancasila kls 2 SD/MI

Perangkat B. Indonesia kls 2 SD/MI

Perangkat Matematika kls 2 SD/MI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...