Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan satuan dan/atau program pendidikan kesetaraan berdasarkan penilaian mutu layanan pendidikan.
Pada tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan kebijakan baru mengenai instrumen akreditasi yang tertuang dalam Kepmendikbud Ristek No. 246 tahun 2024. Instrumen akreditasi yang baru ini mencakup 4 Komponen diantaranya:
1. Peran Pendidik,
2. Kepemimpinan kepala sekolah,
3. Iklim lingkungan belajar dan
4. Hasil belajar
Perubahan instrumen akreditasi ini menuntut sekolah/madrasah untuk segera menyesuaikan diri. Hal ini memerlukan pemahaman yang mendalam dan persiapan yang matang agar madrasah dapat memenuhi indikator yang ditetapkan. Oleh karena itu, pendampingan dari pengawas sekolah/madrasah menjadi sangat krusial untuk membantu madrasah binaan dalam mempersiapkan diri menghadapi akreditasi.
Tujuan Pendampingan :
1. Meningkatkan pemahaman sekolah binaan mengenai Instrumen akreditasi.
2. Membantu sekolah binaan dalam mempersiapkan bukti fisik yang diperlukan untuk akreditasi.
3. Menjamin kesiapan sekolah binaan dalam menghadapi proses akreditasi.
Pendampingan diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan setiap sekolah binaan terkait persiapan akreditasi. Kegiatan ini melibatkan:
1. Observasi langsung ke sekolah-sekolah binaan.
2. Wawancara dengan tim akreditasi madrasah tentang kegiatan yang dibutuhkan untuk akreditasi.
3. Evaluasi terhadap dokumen dan data yang sudah ada.
Silahkan download file Pendampingan Akreditasi 2024 di bawah ini:
File Pendampingan. Deskripsi dan Bukti Pendukung IA 2024
Dokumen yg harus diunggah pra akreditasi 2024
Bukti Dukung Komponen II IA 2024
Bukti Dukung Komponen III IA 2024
download fil-file Kurikulum Merdeka di bawah ini:
Perangkat Kurikulum Merdeka SD-SMP-SMA
Modul Ajar SD/MI
SD/MI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar