LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH
Perubahan akan terus terjadi. Hal yang abadi di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Perubahan ini setidaknya terjadi pada tuntutan dunia global. Dunia modern dan ekonomi global tidak lagi memberikan penghargaan besar terhadap seseorang karena apa yang diketahui, karena teknologi telah menyediakan pengetahuan yang dibutuhkan. Namun dunia modern lebih menghargai seseorang karena apa yang bisa dilakukan dengan pengetahuan itu.
Dengan demikian, Kurikulum Madrasah tidak boleh hanya fokus kepada pengetahuan apa yang harus dikuasai peserta didik, namun lebih penting adalah membekali peserta didik kompetensi, sikap, keterampilan hidup (life skills), dan cara berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah. Kurikulum merdeka akan memandu memberikan pilihan-pilihan untuk membentuk karakter, menumbuhkan keberanian berpikir kritis, kreatif dan inovatif harus terus dikembangkan. Di samping itu, nilai-nilai agama sebagai ruh madrasah mesti ditanamkan secara terintegrasi sejalan dengan implementasi kurikulum itu sendiri. Sehingga nilai religiusitas mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seluruh warga madrasah dalam menjalankan praksis dan kebijakan pendidikan.
Pada Kurikulum 2013 yang lalu ada beberapa perangkat pembelajaran, diantaranya adalah KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran), Prota (Program Tahunan), Promes (program Semester), KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal), dan lain-lain. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka perangkat pembelajaran diganti namanya, yaitu CP (Capaian Pembelajaran) semacam KI/KD, TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) semacam silabus, MA (Modul Ajar) semacam RPP, KKTP (Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) semacam KKM dan lain-lain.
Untuk membuat atau menyusun modul ajar terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini merupakan rangkaian TP (Tujuan Pembelajaran) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Sedangkan TP merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek, yaiti pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dijabarkan dari CP (Capaian Pembelajaran).
Pada Kurikulum 2013 (KTSP) yang lalu ada beberapa perangkat ajar, diantaranya adalah KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran), Prota (Program Tahunan), Promes (program Semester), KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal), dan lain-lain. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka perangkat ajar diganti namanya, yaitu CP (Capaian Pembelajaran) semacam KI/KD, TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) semacam silabus, MA (Modul ajar/RPP) semacam RPP, KKTP (Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) semacam KKM dan lain-lain.
Untuk membuat atau menyusun modul ajar/RPP terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini adalah merupakan rangkaian TP (Tujuan Pembelajaran) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Sedangkan TP adalah merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek, yaiti pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dijabarkan dari CP (Capaian Pembelajaran).
Secara sederhana atau minimal, Modul ajar berisi:
1. Tujuan Pembelajaran
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Asesmen Pembelajaran
Secara lengkap Komponen Modul Ajar berisi:
A. INFORMASI UMUM memuat:
1. Identitas berisi :
a. Nama penyusun, satuan pendidikan, dan tahun disusunnya Modul Ajar.
b. Jenjang sekolah
c. Kelas/fase
d. Alokasi waktu
2. Kompetensi Awal berisi :
Kompetensi awal adalah pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu.
3. Profil Pelajar Pancasila
Adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.
4. Sarana-Prasarana
5. Target Peserta didik
Peserta didik yang menjadi target adalah;
a. Peserta didik reguler/umum
b. Peserta didik dengan kesulitan belajar
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi
B. KOMPONEN INTI memuat:
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman.
2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna berisi informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran.
3. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik.
4. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik..
Jenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik
b. Asesmen formatif
c. Asesmen sumatif
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
6. Pengayaan dan Remidial
C. LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium
4. Daftar Pustaka (buku-buku referensi)
Perangkat dan Modul Ajar Fikih Kls 1.2.3.4.5.6 MI
Perangkat dan Modul Ajar SKI Kls 3,4,5,6 MI
Perangkat dan Modul Ajar Akidah Akhlak Kls 1,2,3,4,5,6 MI
Perangkat dan Modul Ajar Qurdis Kls 1,2,3,4,5,6 MI
alhamdulillah terbantu
BalasHapusMohon link ski Ma pk trimkasih
BalasHapusPak untuk mapel Akidah akhlak MA kls X nggak ada ya...
BalasHapus