Kamis, 11 Juli 2024

PERANGKAT DAN MODUL AJAR AL-QUR'AN HADIS MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 KURIKULUM MERDEKA

  LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH 

Pada Kurikulum 2013 (KTSP) yang lalu ada beberapa perangkat ajar, diantaranya adalah KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran), Prota (Program Tahunan), Promes (program Semester), KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal), dan lain-lain. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka perangkat ajar diganti namanya, yaitu CP (Capaian Pembelajaran) semacam KI/KD, TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) semacam silabus, MA (Modul ajar/RPP) semacam RPP, KKTP (Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) semacam KKM dan lain-lain.
Untuk membuat atau menyusun modul ajar/RPP terlebih dahulu harus menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). ATP ini adalah merupakan rangkaian TP (Tujuan Pembelajaran) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Sedangkan TP adalah merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek, yaiti pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. TP dijabarkan dari CP (Capaian
 Pembelajaran).

Secara sederhana atau minimal, Modul ajar berisi:

1. Tujuan Pembelajaran

2. Kegiatan Pembelajaran

3. Asesmen Pembelajaran

Secara lengkap Komponen Modul Ajar berisi:

A.  INFORMASI UMUM memuat:
1.
 Identitas berisi :
a. Nama penyusun, satuan pendidikan, dan tahun disusunnya Modul Ajar.
b. Jenjang sekolah 
c. Kelas/fase
d. Alokasi waktu 

2. Kompetensi Awal berisi :
Kompetensi awal adalah pengetahuan atau keterampilan yang perlu dimiliki peserta didik sebelum mempelajari topik tertentu. 

3. Profil Pelajar Pancasila
Adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran.

4.
 Sarana-Prasarana

5. Target Peserta didik
Peserta didik yang menjadi target adalah;
a. Peserta didik reguler/umum
b. Peserta didik dengan kesulitan belajar 
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi

6. Model pembelajaran

B.     KOMPONEN INTI memuat:
1.
 Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk kerja dan pemahaman. 

2. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna berisi informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. 

3. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. 

4. Kegiatan Pembelajaran
Yaitu langkah-langkah  pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik..


5. Asesmen/Penilaian
Jenis asesmen:
a. Asesmen diagnostik
b. Asesmen formatif
c. Asesmen sumatif
Bentuk asesmen yang bisa dilakukan:
a. Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal.
b. Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.)
c. Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
6. Pengayaan dan Remidial
C.  LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
 LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
2. Bahan Bacaan
3. Glosarium
4. Daftar Pustaka (buku-buku referensi)

Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka: 

Perangkat dan Modul Ajar Qurdis 1,2,3,4,5,6 MI

Perangkat dan Modul Ajar SKI Kls 3,4,5,6 MI

Perangkat dan Modul Ajar Akidah Akhlak Kls 1,2,3,4,5,6 MI

Perangkat dan Modul Ajar Fikih Kls 1,2,3,4,5,6 MI

Perangkat dan Modul Ajar B. Arab Kls 3,4,5,6 MI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL DAN KISI-KISI ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) KELAS 3 SD/MI

       Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) adalah asesmen/penilaian yang dilakukan oleh pendidik atau sekolah/madrasah pada akhir semester...