Jumat, 28 Juni 2024

KRETERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SMP/MTS IKM

Link Download KKTP ada di bawah

KKTP adalah singkatan dari Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. KKTP adalah semacam KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal) pada Kurikulum 2013. Namun kalau KKM berupa angka bulat, sedangkan KKTP berbentuk deskripsi atau boleh angka tapi interval, misalnya 70 s/d 80. 

Perbedaan antara KKTP dengan KKM

  • KKTP bertujuan untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah diterapkan sudah tercapai. Ini berfokus pada kemampuan siswa untuk mencapai target pembelajaran yang telah ditentukan
  • KKM bertujuan untuk menetapkan tingkat minimal pencapaian yang diharapkan dari siswa dalam suatu mata pelajaran atau kurikulum. Fokusnya adalah pada menentukan standar pencapaian minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk berhasil melewati mata pelajaran atau tingkat pendidikan tertentu.
  • KKTP biasanya ditetapkan oleh guru atau pendidik sebagai bagian dari proses perencanaan pembelajaran. Kriteria ini berkaitan langsung dengan tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • KKM ditetapkan oleh otoritas pendidikan atau lembaga kurikulum di tingkat nasional atau regional. Ini adalah standar yang ditetapkan untuk menentukan apakah siswa telah mencapai tingkat kompetensi yang memadai dalam mata pelajaran tertentu.
  • KTP digunakan sebagai pedoman untuk menilai kemajuan siswa selama proses pembelajaran. Ini membantu guru atau pendidik dalammemberikan umpan balik kepada siswa dan merencanakan tindak lanjut yang sesuai.
  • KKM digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah siswa telah mencapai tingkat kemampuan yang memadai dalam mata pelajaran tertentu. Ini digunakan dalam proses penentuan kelulusan atau promosi
  • KKTP dapat lebih felsibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks pembeljaran tertentu. Kriteria ini dapat disesuaikan dengan tujuan oembelajaran yang berbeda-beda.
  • KKM cenderung lebih kaku karena merupakan standar yang telah ditetapkan secara nasional atau regional. Meskipun ada kebijakan di tingkat sekolah untuk menyesuaikan kurikulum, KKM tetap menjadi patokan minimum yang harus dicapai oleh siswa.

Silahkan download KKTP di bawah ini:

KKTP KLS 7 IKM

KKTP KLS 8 IKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...