Asesmen adalah penilaian, yang terdiri dari beberapa asesmen pada kurikulum Merdeka. Yaitu Asesmen Diagnostik, Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif.
Asesmen Diagnostik dilaksanakan oleh seorang pendidik pada awal tahun/semester sebelum melaksanakan pembelajaran. Asesmen Formatif dilaksanakan oleh pendidik pada saat melaksanakan pembeajaran. Dan asesmen Sumatif dilaksanakan pada akhir atau setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Asesmen Diagnostik dilaksanakan pada awal atau sebelum pembelajaran sangat bermanfaat bagi pendidik atau guru untuk mengetahui batas kemampuan peserta didik serta karakteristik belajarnya, sehingga dengan dilakukannya asesmen diagnostik ini maka hasilnya sangat bermanfaat bagi pendidik untuk menentukan materi apa yang akan dikaji pada pembelajarannya, serta metode dan pendekatan apa yang akan diterapkan. Sehingga Modul Ajar yang akan disusun oleh pendidik disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Dengan demikian diharapkan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh pendidik benar-benar sesuai, sehingga akan berdampak positif pada output/ hasil belajar peserta didik.
Asesmen Formatif dilaksanakan pada saat pendidik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Asesmen formatif ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran dapat dilaksanakan. Dengan asesmen formatif ini pendidik dapat mengetahui apakah kekurangan pada pembelajaran yang dia laksanakan. Dan selanjutnya pendidik bisa memperbaiki modul ajarnya, baik metode, pendekatan dan lain-lain.
Asesmen Sumatif dilaksanakan setelah pembelajaran untuk menilai kompetensi peserta didik dalam menguasai capaian pembelajaran (CP). Asesmen Sumatif terdiri dari Sumatif Harian, Sumatif Tengah Semester(STS), Sumatif Akhir Semester (SAS), Sumatif Akhir Tahun (SAT)/Sumatif Akhir Fase dan Sumatif Akhir Sekolah/Madrasah atau Asesmen Sekolah/Madrasah.
Berikut contoh Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) SMA/MA/SMK silahkan di download:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar