Rabu, 24 Juli 2024

PERANGKAT IKM SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS 11 MADRASAH ALIYAH

 LINK DOWNLOAD MODUL AJAR DI BAWAH 

Untuk madrasah di lingkungan Kementrian Agama, kurikulumnya yang mata pelajaran umum menggunakan kurikulum dari Dikbud atau BSKAP, sedangkan pelajaran Agama tidak menggunakan PAI dari BSKAP, tetapi menggunakan dari kementrian Agama, yaitu Keputusan Mentri Agama/KMA nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Kemudian yang baru adalah KMA nomor 450 tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada RA dan Madrasah.

Kurikulum Madrasah meliputi mata pelajaran Akidah Akhlak, Al-Qur'an Hadis, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Kemudian P5 ada tambahan menjadi P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin).

Adapun perangkat pembelajarannya tentu saja sama, yaitu mulai dari Kaldik, Prota, Prosem, CP, ATP dan Modul Ajar.

Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media,  metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara  sistematis dan menarik agar poses kegiatan pembelajaan  berjalan dengan baik.

Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan  Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian  Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil  Pelajar Rahmatan Lil Alamin sebagai sasaran.

Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap  perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang  akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis  perkembangan jangka panjang.

Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar  proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.

Berikut Link Modul dan Perangkat Kurikulum Merdeka:

Perangkat SKI 11 MA IKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADMINISTRASI DAN BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (PPKS/PKKM)

Setiap tahun pelajaran, kepala sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta akan dilalukan penilaian oleh instansi kemdikbud/Kemenag. Penilaia...