Penilaian pada kurikulum merdeka dikenal dengan istilah Asesmen. Asesmen terdiri dari Asesmen Diagnostik, Asesmen Sumatif dan Asesmen Formatif.
Asesmen Diagnostik adalah asesmen yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran, bisa dilakukan di awal semester ganjil dan awal semester genap. Asesmen diagnostik dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal masing-masing peserta didik, karakteristiknya dan kebutuhan belajarnya. Dari pengetahuan tentang kemampuan peserta didik tersebut akan bermanfaat bagi guru untuk:
a) membantu guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan masisng-masing peserta didik
b) meningkatkan eektifitas pembelajaran
c) mengembangkan kurikulum yang lebih baik
d) membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
Asesmen Formatif, adalah asesmen yang dilakukan pada saat proses pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana capaian pembelajaran serta untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Asesmen Sumatif adalah asesmen yang dilakukan setelah proses pembelajaran untuk menilai sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran dari peserta didik. hasil Asesmen Sumatif inilah yang dimasukkan dalam daftar nilai dan Rapor.
Asesmen Sumatif meliputi Sumatif Harian (dulu disebut Ulangan Harian), Sumatif Tengah Semester (dulu PTS), Sumatif Akhir Semester (dulu disebut PAS) dan Sumatif Akhir tahun (dulu disebut (PAT).
Berikut Soal-soal dan kisi-kisi serta kuncinya sumatif Akhir Semester Ganjil SMP/MTs, silahkan di download:
- PERANGKAT SOAL SAS MAPEL UMUM KELAS 8 SMP/MTS
- PERANGKAT SOAL PAS MAPEL UMUM KELAS 9 SMP/MTS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar