Senin, 02 Desember 2024

SOAL DAN KISI-KISI ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) KELAS 3 SD/MI

       Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) adalah asesmen/penilaian yang dilakukan oleh pendidik atau sekolah/madrasah pada akhir semester ganjil. ASAS ini dulu disebut PAS (penilaian akhir semester) pada Kurikulum 2013 atau ujian semester ganjil.

      ASAS ini merupakan salah satu bentuk penilaian/asesmen dari beberapa asesmen sumatif. Asesmen sumatif meliputi: Asesmen Sumatif Harian (ASH) atau dulu disebut ulangan harian (UH) atau penilaian harian (PH), Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) atau UTS (ulanagn tengah semester) atau penilaian tengah semester (PTS) dan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) atau dulu disebut PAT (penilaian akhir tahun) atau ujian kenaikan kelas (UKK).

      Pada Kurikulum Merdeka selain ada asesmen sumatif, ada juga asesmen formatif dan asesmen diagnostik. Tetapi asesmen formatif dan diagnostik ini hasilnya tidak dimasukkan ke Rapor atau Lembar Hasil Belajar Siswa (LHBS). Sedangkan asesmen sumatif inilah yang dimasukkan ke dalam Rapor atau LHBS.

      Asesmen Formatif adalah asesmen untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi peserta didik yang digunakan untuk perbaikan pembelajaran atau cara/metode mengajar seorang guru. Oleh karena itu hasil dari asesmen formatif ini tidak dimasukkan pada Rapor/LHBS

      Sedangkan Asesmen Diagnostik juga tidak dimasukkan pada rapor/LHBS, karena asesmen diagnostik dilakukan pada pra pembelajaran untuk mengetahui batas kemampuan peserta didik, serta karakteristiknya dan cara belajarnya para peserta didik. Yang hasilnya akan digunakan oleh guru untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dari peserta didiknya.

      Berikut link download soal ASAS kelas 3 SD/MI :

1. Soal ASAS B. Indonesia 3

2. Soal ASAS B. Inggris 3

3. Soal ASAS Pendd, Pancasila 3

4. Soal ASAS PJBL 3

5. Soal ASAS IPAS 3

6. Soal ASAS Matematika 3

7. Soal ASAS Seni Rupa 3

8. Soal ASAS PJOK 3

SOAL DAN KISI-KISI ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER (ASAS) SMP/MTS

      Penilaian pada kurikulum merdeka dikenal dengan istilah Asesmen. Asesmen terdiri dari Asesmen Diagnostik, Asesmen Sumatif dan Asesmen Formatif. 

      Asesmen Diagnostik adalah asesmen yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran, bisa dilakukan di awal semester ganjil dan awal semester genap. Asesmen diagnostik dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal masing-masing peserta didik, karakteristiknya dan kebutuhan belajarnya. Dari pengetahuan tentang kemampuan peserta didik tersebut akan bermanfaat bagi guru untuk:

a) membantu guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan masisng-masing peserta didik

b) meningkatkan eektifitas pembelajaran

c) mengembangkan kurikulum yang lebih baik

d) membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar

      Asesmen Formatif, adalah asesmen yang dilakukan pada saat proses pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana capaian pembelajaran serta untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

     Asesmen Sumatif adalah asesmen yang dilakukan setelah proses pembelajaran untuk menilai sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran dari peserta didik. hasil Asesmen Sumatif inilah yang dimasukkan dalam daftar nilai dan Rapor. 

     Asesmen Sumatif meliputi Sumatif Harian (dulu disebut Ulangan Harian), Sumatif Tengah Semester (dulu PTS), Sumatif Akhir Semester (dulu disebut PAS) dan Sumatif Akhir tahun (dulu disebut (PAT).

     Berikut Soal-soal dan kisi-kisi serta kuncinya sumatif Akhir Semester Ganjil SMP/MTs, silahkan di download:

- PERANGKAT SOAL SAS MAPEL UMUM KELAS 8 SMP/MTS

- PERANGKAT SOAL PAS MAPEL UMUM KELAS 9 SMP/MTS

- PERANGKAT SOAL SAS MAPEL UMUM KELAS 7 SMP/MTS

- PERANGKAT SOAL SKI AKIDAH FIKIH QURDIS B.ARAB SAS 7 8 9